08 Maret 2010

Mengisi Waktu Luang...

Catatan ku pada hari ini adalah mengenai kegiatan yang aku lakukan pada waktu senggang ku beberapa hari yang lalu. Berawal dari ketidaktahuan ku tentang apa dan bagaimana itu Eco-Products International Fair, karena pada tahun lalu aku tidak bisa mencari tahu tentang pameran ini. Ajang pameran di Jakarta pada tanggal 4-7 Maret 2010 terdapat beberapa pameran, 3 diantaranya berlangsung di kawasan senayan. Aku memilih untuk mengunjungi Pameran Eco-Products, datang dengan ditemani oleh Tanteku yang baik hati.

Dimulai dengan mendapatkan informasi mengenai Program Desa Mandiri Energi dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (salah satu contoh desa mandiri energi terletak di Bintuni, lihat gambar).
Menurut Bayu Krisnamurthi (Deputi II Bidang Koordinator Pertanian dan Kelautan, Program Desa Mandiri Energi (DME) adalah upaya untuk membangun desa melalui penyediaan energi untuk selanjutnya dimanfaatkan untuk kegiatan produktif di desa di maksud, dan diharapkan akan dapat mempercepat tercapainya pertumbuhan ekonomi di desa tersebut. Program ini mulai dilaksanakan pada tahun 2007. 
Informasi berikutnya yang aku dapat adalah mengenai 'hemat listrik, hemat energi, dan cara memilih auditor energi' dalam bentuk buku saku yang mudah untuk dibawa dan dibaca asalkan ada kemauan untuk membawa dan membaca informasi yang  bermanfaat didalamnya.
Gambar berikut ini adalah merupakan contoh kompor dengan bahan bakar biji jarak. Tanaman (pohon) Jarak banyak terdapat di sekitar rumah penduduk di pedesaan, ternyata dapat dijadikan bahan bakar untuk memasak. 
Memasuki arena pameran lebih jauh lagi, ada pengenalan kertas ramah lingkungan dari salah satu holding company di Indonesia. Stand ini tidak hanya memperlihatkan bentuk produknya yang ramah lingkungan, tetapi juga menyediakan sarana hiburan berupa tempat untuk foto dengan animasi untuk menarik minat pengunjung pameran. Jika ingin mendapatkan keterangan mengenai produk yang telah atau belum memiliki sertifikasi 'ekolabel', maka pengunjung dapat mendapatkan informasi seputar ekolabel dari produk kehutanan dan non kehutanan pada stand Lembaga Ekolabel Indonesia atau mendapatkan informasi via website mereka di http://www.lei.or.id, ehm...yang terbaru sedang dijajaki adalah sertifikasi produk kelautan.
Pada pameran ini juga terdapat informasi seputar hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan oleh LIPI, BPPT, dan beberapa lembaga litbang lain seputar produk ramah lingkungan.
Pameran ini sangat bagus untuk membuat pengunjung belajar mengenai lingkungan dengan cara yang lebih menyenangkan. 
Saat ini cukup dulu ya....nanti dilanjutkan dengan cerita yang lain lagi jika aku sudah mendapatkan hal pengetahuan yang baru lagi.

1 komentar:

  1. Dpt masukan baru, t'nyata Bpk. Bayu telah menjadi wakil menteri kesra bid.pertanian RI. Trim's buat Bpk. Sonny yg sdh mengoreksi.
    -salam-
    Penulis

    BalasHapus