12 Agustus 2012

Jadi Mahasiswa (lagi) di 2012

Tahun 2012 ini Allah SWT mengabulkan doaku untuk belajar dan belajar untuk dapat lebih berkonsentrasi bekerja untuk negara. 
Dimulai dengan kesempatan hanya ikut di 1 (satu) kegiatan penelitian di kantorku, penelitian hukum, bekerjasama dengan para peneliti yang juga merupakan dosen FHUI. Hal ini merupakan kesempatan emasku untuk belajar penelitian hukum secara praktek (kembali). Survey lapang di 3 (tiga) lokasi, Jakarta, Pontianak & Sambas, dan Sorong, membawa hikmah yang baik untukku semakin cinta pada tanah air untuk memiliki niat memberikan alternatif solusi permasalahan bangsa. 
Kesempatan berikutnya datang pada saat aku mengikuti Diklat Jabfung Peneliti Tk.Pertama di Pusbindiklat LIPI di Bulan akhir Mei hingga pertengahan Juni. Di tempat ini berkesempatan untuk mengenal lebih dalam dunia penelitian di luar unit kerjaku. Ada yang berasal dari Balai Arkeologi (baru tahu lho...aku ada Balai Arkeologi), Litbang DPR, Pusat Kajian Perdagangan, Kementerian Kominfo, Litbang Perhubungan, Litbang Kemenakertrans dan tentu saja dari kelautan dan perikanan. Selama berjalannya pelatihan (3 minggu), kami berbagi aneka informasi, ada yang bercerita tentang ekscavasi (teknik penelitian arkeologi); nelayan bajo, garam dan illegal fishing (untuk sisi kelautan dan perikanan); informasi seputar kereta api, perhubungan darat, ASDP, perhubungan udara (untuk sisi perhubungan), analisis perjanjian kerjasama perdagangan dengan negara lain (sisi perdagangan), terkait dengan transmigrasi (dari sisi ketenagakerjaan), ada juga yang membahas tentang perusahaan komunikasi (dari kominfo), dan terakhir membahas tentang perumahan rakyat (litbang DPR). Keanekaragaman informasi membuat kami saling bertukar informasi dan mempelajari hal baru terkait kebijakan satu sama lain. 
Dan semakin berbonus pada saat aku mendapatkan kesempatan bersekolah di Universitas Pertahanan Indonesia. Beasiswa yang tidak pernah berani kubayangkan sebelumnya, karena aku lebih sering merasa tidak percaya diri.  Hingga saat ini yang terbayang dimataku, hanya memanfaatkan kesempatan yang diberikan Allah kepadaku. Semoga aku bisa bermanfaat lebih baik lagi untuk lingkunganku. Terimakasih Allah, atas semuanya. 

Terkait survey lapang,

1 komentar: