27 Juli 2009

Review Buku Prinsip-Prinsip Legal drafting dan Desain Naskah Akademik

Buku ini di tulis oleh B. Hestu Cipto Handoyo
diterbitkan oleh Penerbit Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2008
Terdiri dari 6 Bab, 403 hlm (217 hlm isi dan 186 hlm lampiran) .

Buku ini memberikan pengetahuan kepada para pembaca mengenai Prinsip-prinsip Legal Drafting dan Desain Naskah Akademik, sesuai dengan judul bukunya.

Pengenalan mengenai pemahaman istilah yang digunakan pada studi ilmu perundang-undangan, ilmu hukum, sifat ilmiah yang terkandung dalam ilmu perundang-undangan beserta teori-teori perundang-undangan diterangkan dengan cukup lengkap dan sistematis pada Bab I yang merupakan bagian pendahuluan dari buku ini.

Bab II Peraturan Perundang-undangan sebagai Produk Hukum.
Pada bagian ini, penulis menjelaskan mengenai Peraturan perundang-undangan dalam tradisi hukum anglo saxon dan continent, dijelaskan pula mengenai Landasan Kekuatan peraturan perundang-undangan, baik landasan filosofis, sosiologis maupun landasan yuridis.
Setelah menerangkan dari dua bagian tersebut diatas, diperkenalkan pula kepada pembaca mengenai Asas-asas Umum Peraturan Perundang-undangan yang secara umum berlaku dan diperkenalkan pula mengenai Asas-asas Peraturan Perundang-undangan Menurut Undang-undang No.10 Tahun 2004 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.
Pengenalan asas-asas pembentukan suatu peraturan perundang-undangan memberikan kemudahan bagi para pembaca khususnya yang secara langsung maupun tidak langsung ingin ikut membuat suatu peraturan perundang-undangan sesuai dengan asas yang berlaku.

Bab III Jenis-jenis Peraturan Perundang-undangan di Indonesia.
Pengenalan terkadap berbagai jenis peraturan perundang-undangan di Indonesia, di awali dengan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 hingga ke Peraturan Desa.

Bab IV Partisipasi Masyarakat dalam Pembentukan Peraturan Perundang-undangan
Pada bagian ini, pembaca diperkenalkan pada bentuk partisipasi yang dapat dilakukan masyarakat dalam pembentukan suatu peraturan perundang-undangan.

Bab V Naskah Akademik Rancangan Peraturan Perundang-undangan
Pengenalan model atau desain rancangan suatu naskah akademik untuk suatu rancangan peraturan perundang-undangan, bagaimana sebenarnya hakekat keberadaan naskah akademik, eksistensi model atau desain naskah akademik, model atau desain naskah akademik menurut Badan Pembinaan Hukum Nasional, Alternatif Model atau desain naskah akademik, dan Proses Penyusunan Naskah Akademik.

Bab VI Penutup

Pendapat :
Buku ini cukup tebal dengan kalimat cukup membosankan, karena memang ditujukan khusus kepada para pembaca yang ingin belajar mengenai Ilmu Perundang-undangan.
Hal yang menarik pada buku ini adalah diperkenalkannya UU No.10 Th.2004 [Lampiran 1] tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan kepada para pembaca. Hal ini sangat baik, sehingga dapat menjadi pedoman bagi para pembaca yang akan membuat peraturan perundang-undangan.
Diperkenalkan juga keberadaan Peraturan Menteri Dalam Negeri No.16 Th.2006 tentang Prosedur Penyusunan Produk Hukum Daerah [Lampiran 2] dan Keputusan Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional No. G 159.PR.09.10 Th.1994 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Naskah Akademik Peraturan Perundang-undangan dan Qanun Aceh No.3 Th.2007 tentang Tata Cara Pembentukan Qanun [Lampiran 3]
Menarik mengenalkan pembaca pada hal-hal yang terdapat pada pembentukan suatu peraturan perundang-undangan.

3 komentar:

  1. Terima kasih untuk p'Sonny yang telah meminjamkan buku ini sehingga aku bisa mendapatkan tambahan referensi buku untuk Ilmu Perundang-undangan.

    BalasHapus
  2. ADA GAK BUKU DIATAS DIJUAL DI GRAMEDIA...? harga berapa ya..?

    BalasHapus
  3. buku itu saya lihat sudah dijual di Gramedia, kisaran harga sekitar 60ribu, ada di bagian hukum atau ada juga yg meletakkannya di bagian perundang-undangan

    BalasHapus